Yamaha gak jual mobil dan Toyota gak jual motor (Kenapa ???)

                                  

Kita semua tahu kalo Toyota dan Yamaha itu pabrikan jepang yang dikenal sama orang banyak sebagai salah satu raksasa otomotif di Indonesia. Yang kita tahu, umumnya toyota itu merupakan pabrikan yang paling banyak menghasilkan produk otomotif khususnya mobil mulai dari mobil yang kecil hingga truck engkel. Nah kalo Yamaha itu lebih kita kenal sebagai produsen otomotif khususnya sepeda motor. Gak cuma itu braay Yamaha juga familiar sebagai merek yang nempel pada alat-alat musik. 

Naah yang jadi pertanyaan, kenapa sih baik Toyota maupun Yamaha untuk produk otomotifnya gak jualan sepeda motor dan mobil secara bersamaan kayak Honda dan Suzuki ? Jawabanya adalah




Usut punya usut bray.... ternyata Toyota itu sudah lama melakukan kerja sama bawah tangan sama Yamaha sejak tahun 1965 braaay. Nah sekarang udah tahu kan bray alasan kenapa Yamaha gak jual mobil dan Toyota gak jual motor ? , kalo cuma cukup sampe disini artikelnya kependekan braay hahahaha. Sekarang mending kita bahas bentuk kerja sama apa aja sih yang dilakuin sama Toyota dan Yamaha ?



Toyota 2000 GT
Tahun 1966 - 1967, Toyota sama Yamaha kerja sama untuk bikin sebuah mobil yang dinamai Toyota 2000 GT. Mobil ini mecahin 3 kategori rekor dunia untuk speed trial braaay.



Toyota Corolla dan Corona
Karena mereka (Toyota dan Yamaha) itu kerja sama jadi Teknologi pada mesin Toyota seri Corolla dan Corona itu  dibikinin sama Yamaha bray.



Yamaha OX 77
Kalo ada yang bilang Yamaha cuma bisa bikin motor itu salah banget braay , karena dari hasil kerjasamanya sama Toyota akhirnya Yamaha pernah bikin mobil super car dan pada tahun 1987 mobil ini menang di seluruh seri All Japan Championship F3000



R-50 Helicopter
Gak cuma mobil braay, Tahun 1988 Yamaha juga pernah bikin helicopter tanpa awak braay, Helicopter ini dipake buat pertanian dan digunakan sebagai alat penyiram cairan pembasmi hama.



Lexus LFA
Bahkan kompartmen mesin dan audio pada mobil Lexus LFA juga dibikin sama Yamaha loh bray. FYI "Lexus" itu Brand punya Toyota khusus untuk mobil-mobil yang super mewahnya.



Toyota JGRMX
 
Toyota juga ambil bagian dari kerjasamanya sama Yamaha bray. di Tahun 2011 (kalo gak salah) Toyota pernah bikin konsep motor yang dinamain Toyota JGRMX. Motor ini pake basisnya Yamaha YZ450F yang dimodif lagi sama Toyota.







Itu dia tadi penjelasan kenapa Yamaha gak jual mobil dan Toyota gak jual motor untuk massal. Mungkin dari hubungan kerja sama itu Yamaha dan Toyota punya slogan "Sesama trayek dilarang saling mendahului" hahahaha.... Makanya mereka bagi-bagi jatah, Toyota main di Industri mobil dan Yamaha di Industri sepeda motor.

Komentar