Trend Bus dengan Triple Axle di Indonesia


   Triple Axle adalah istilah untuk menyebut kendaraan (bus) yang memiliki tiga poros roda pada chasiss-nya. Selain jumlah roda dan panjang chassisnya, terdapat sebuah keunikan lagi yaitu roda pada poros ketiga akan bergerak mengikuti pergerakan roda depan pada kecepatan tertentu. Hal ini membantu pergerakan bus ketika melintasi tikungan ataupun ketika bus ingin berputar balik.
Chassis bus Triple Axle

   Di Indonesia bus yang menggunakan dengan tiga poros roda ini baru diperbolehkan melintasi jalan raya pada tahun 2012. Hal ini bersamaan dengan dikeluarkannya PP NO.55 Tahun 2012 tentang kendaraan bermotor. Dalam pasal 5 pada peraturan tersebut intinya bus dengan tiga poros roda ini boleh melintasi jalan raya asalkan ukuran panjang, lebar dan tinggi bus itu sendiri sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan pada peraturan tersebut.

    Berikut daftar PO (Perusahaan Otobus) yang menggunakan bus dengan chassis Triple Axle pada armadanya.
  •  PO Nusantara (MAN R37)
    •  Entah apakah PO ini merupakan PO pertama yang menggunakan tiga poros roda pada armadanya atau bukan. Tapi bus inilah yang pertama kali saya lihat menggunakan chassis triple axle di Indonesia. Chassis dan mesin bus PO Nusantara ini adalah MAN R37 buatan jerman, dan body bus sendiri adalah buatan karoseri Nusantara Gemilang asal kudus, Jawa Tengah. Body bus ini memiliki Double Decker (mempunyai dua deck) yang artinya bus ini adalah Bus Tingkat dua lantai. Panjang bus ini adalah 13,5 meter dengan tinggi 3,9 Meter.
MAN R37 Buatan Nusantara Gemilang
           
   Body bus ini mengadopsi Model body Buatan MAN asli Jerman sana yang bernama Neoplan.

MAN NEOPLAN STARLINER asal Jerman



  • PO Putra Pelangi Perkasa (Mercedes-Benz OC500RF 2542) 
    • PO Asal Aceh ini mengoperasikan bus ini pada awal tahun 2015 lalu yang pada saat itu masih berjumlah 4 unit. Putra Pelangi mengoperasikan armada dengan tiga poros roda ini untuk trayek Medan - Aceh PP. Bus ini menggunakan perangkat chassis dan mesin terbaru buatan Mercedes Benz Jerman. Sedangkan Body bus buatan karoseri Rahayu Sentosa Skyliner Yang diperuntukan khusus untuk chassis Triple Axle. Dan juga terdapat body buatan Adiputro Jetbus HD 2+ Yang juga diperuntukan khusus untuk chassis Triple Axle.
    Putra Pelangi Menggunakan Body Skyliner by Rahayu Sentosa


    Putra Pelangi Menggunakan Body Jetbus 2 by Adiputro


    • PO Sempati Star (Mercedes-Benz OC500RF 2542)
      • Masih PO asal Aceh, Chassis dan mesin masih sama dengan PO tetangganya yakni Mercedes Benz OC500RF 2542. Dengan body Adiputro Jetbus 2+New Setra SDD. SDD artinya Special Double Decker, ya Double Decker yang arti simpelnya bus tingkat.
    Jetbus HD 2+New Setra SDD Buatan Adiputro milik Sempati Star



    • PO Kurnia (Mercedes-Benz OC500RF 2542)
      • Lagi dan lagi PO asal Aceh Secara keseluruhan mesin dan chassis sama dengan yang digunakan PO tetangganya. Untuk Body menggunakan body buatan Adiputro Jetbus HD 2.
    Jetbus HD 2 with MB OC500RF milik PO Kurnia


    • Pandawa 87 (Mercedes-Benz OC500RF 2542)
      • Kali ini datang dari PO asal Pasuruan Jawa Timur. Bus yang berchassis dan mesin MB OC500RF 2542 ini juga dibungkus dengan body Jetbus HD 2+New Setra karoseri Adiputro.
    Jetbus HD 2 New Setra , MB OC500RF 2542 Milik Pandawa 87 



    • PO Nusa Indah (Golden Dragon XML6145D13, Yuchai WP10375)
      • Perbedaan tampak pada PO Asal Bali ini. Yakni menggunakan pabrikan asal china untuk mengusung bus dengan triple axle. Dari segi tenaga Yuchai WP10375 hanya 375 HP dan masih kalah dengan tenaga yang dimiliki Mercedes Benz OC500RF 2542 yang memiliki tenaga 420 HP. Tidak hanya mesin dan chassis yang berbeda dengan beberapa PO asal Aceh untuk bis dengan jenis serupa, Perbedaan juga tampak pada body yang membalut seperangkat mesin dan chassis asal china ini. Body yang digunakan ialah Scorpion X karoseri Tentrem, Malang.

    Scorpion X membalut Yuchai WP10375 milik Nusa Indah

    Scorpion X membalut Yuchai WP10375 milik Nusa Indah



          Nah itulah ulasan mengenai Triple Axle serta Beberapa PO yang menggunakannya sebagai armada untuk memenuhi pelayanan terhadap penumpangnya. Kebanyakan Bus yang memiliki tiga poros roda ini digunakan oleh Bus - Bus Aceh. Serta Chassis dan Mesin Mercedes-Benz OC500RF 2542 yang dibalut dengan body Jetbus buatan Adiputro sangat dominan dalam segmen bus Triple Axle. Banyak kalangan pengamat bus yang berpendapat bahwa bus-bus dengan tiga poros roda ini akan menjadi trend model bus tahun 2016 ini, Well kita tunggu saja , dan semoga banyak PO-PO bus lain yang tertarik menggunakan bus triple axle ini sebagai armadanya.

    NB : Klik Gambar untuk melihat Sumber Gambar



    Komentar