7 kebiasaan ini bikin kampas kopling motor mu cepat habis

Gambar ilustrasi

Sepeda motor bertransmisi kopling manual emang gak semua orang suka, tapi bagi yang udah biasa mengendarai sepeda motor kopling manual ini pastinya punya sensasi sendiri. Hal ini karena pada motor kopling manual tenaganya lebih melimpah dan kita lebih punya kontrol penuh dalam mengatur kecepatan. Kalo ane pribadi sih suka motor kopling manual karena lebih merasa spesial because gak semua orang bisa mengendarainya hehehe. Sebenarnya mengendarai motor kopling manual, kopling ganda (bebek), or matik sama aja braaay , cuma untuk kopling manual kita lebih konsentrasi untuk mendapatkan feeling yang pas waktu perpindahan gigi supaya kampas kopling gak tersiksa. Selain karena minim perawatan perilaku yang kasar dalam mengendarai motor kopling manual juga dapat membuat kampas kopling tersiksa sehingga usia pakainya gak lama deh. Nah perilaku yang kayak gimana aja sih yang bikin kampas koling pada motor kopling manual ini jadi cepet habis ? Yuk kita lihat dibawah.



1.    Terlalu sering menekan setengah kopling
Gambar ilustrasi

Biasanya ini sering banget kita lakuin pada saat melintasi jalanan yang macet. Selain macet kadang ane suka lihat juga orang ngelakuin ini waktu berhenti di jalan yang posisinya agak menanjak. Bawa motor kopling manual pas lagi macet emang sedikit PR loh braaay, tapi sebisa  mungkin kurangin deh menekan stengah kopling karena plat kopling bakal terbebani dan nantinya bakal cepet terjadi keausan.



2.    Terlalu lama menekan handle kopling
Gambar ilustrasi

Kalo emang ada sesuatu yang bikin kita berhenti lama di jalan seperti misalnya ada truck yang mau putar balik, macet yang stuck, apalagi di lampu merah. Alangkah baiknya posisikan transmisi ke posisi netral sehingga kita bisa melepas handle koplingnya. Kalo ditekan terlalu lama saat gigi lagi masuk tentunya ini juga termasuk menyiksa kampas kopling. Hal ini karena fungsi dari kopling itu sendiri hanya untuk memutus atau menyambungkan gear dari mesin ke gear roda transmisi dan bukan untuk menahan laju kendaraan.




3.    Kasar melepaskan handle kopling setelah memasukan gigi transmisi
Gambar ilustrasi

Cara berkendara kaya gini emang terasa lebih nendang setelah perpindahan gigi tapi kita bukan pembalap braaaaay, dan ane yakin motor yang ente pakai itu buat nunjang aktifitas harian. Kecuali kalau punya duit lebih buat sering-sering jajan kampas kopling sih ya oke-oke aja hehehe.




4.    Mengganti per kopling racing
Gambar ilustrasi

Sebenarnya ini punya hubungan sebab akibat sama yang nomor 3 tadi. Per kopling racing itu agak keras sehingga jepretannya lebih kencang. Emang sih tarikan motor jadi lebih ngejambak tapi lama kelamaan duit ente juga dijambak sama bengkel buat ganti kampas kopling hehehe...




5.    Menggunakan gigi transmisi tidak sesuai kecepatannya

Gambar ilustrasi
Setiap motor itu pasti ada limitnya braaay... misalnya gigi 1 dari kecepatan 0 - 40 km, gigi 2 dari 40 - 60 km dan seterusnya dan biasanya tiap motor beda-beda limitnya tinggal liat aja di buku panduannya masing-masing. Jadi gak mungkin kan kita pakai gigi 3 untuk tarikan awal, bisa-bisa bukan cuma kopling yang tersiksa tapi jeroan motor juga bisa rontok hehehe...



6.    Sering telat ganti oli


Setiap komponen dalam mesin itu saling bergesekan braaay, makanya kita butuh oli dengan kualitas yang tetep bagus untuk meredam setiap gesekan itu. Makanya jangan males buat ganti oli braay dan pilih oli yang udah ditetapkan alias udah standart nya.



7.    Jarak main handle kopling yang terlalu kencang

Gambar ilustrasi

Ini anjuran mekanik waktu ane servis motor braaay, katanya handle kopling harus ada gerak bebasnya sedikit suapaya gak selip kopling kalo lagi pindah gigi. Tapi kalo ane sih lebih suka jarak main yang lumayan kenceng sih , jadi kalo mau pindah gigi gak perlu bejek kopling terlalu dalam dan gak terlalu pegel juga kalo lagi macet. Cuma resikonya ya cara ini tuh memperpendek usia kampas kopling.



Nahh itu tadi kebiasaan-kebiasaan jelek yang bisa bikin kampas kopling cepat habis. Still remember ya braaay, setiap barang yang dipakai itu pasti ada masa pakainya dan akan habis, semua tips-tips di atas cuma untuk memperpanjang usia pakai kampas kopling itu sendiri. Umumnya usia pakai kampas kopling motor itu kisaran 20.000-30.000km tergantung gaya si pengendaranya. Dan kalo waktunya habis ya habis, kalo gak mau habis gak usah dipake motor nya hahahahha.....


Komentar